Sejengkal Cerita Lama (Unplublished Story)

Selamat dan sukes kepada semua panitia dan komunitas TDA yang telah berhasil menyelenggarakan Milad 3 TDA sekaligus Festival Entepreneur Indonesia yang sangat spektakuler.

Bangga dengan komunitas TDA yang telah melahirkan para pengusaha muda dan baru di tanah air. Sekaligus 'iri' melihat teman-teman yang telah berhasil 'action' menjadi pengusaha muda dan baru. Mengikuti aktifitas TDA adalah bukan hal baru buat saya. Pertama kali saya kenal TDA adalah ketika datang ke Milad 2 TDA 2008, itupun menjadi 'peserta tak diundang' alias diundang paksa oleh saudara sepupu ipar saya, Aa Didi, sang pengusaha furniture, warnet, taman baca dan pendidikan. Yang tadinya dipaksa trus akhirnya dengan ikhlas ikut juga ke sekolah bisnis TDA E-Makers First Generation, alhamdulillah dari sekolah TDA saya dapatkan sebuah ilmu baru yaitu 'Passion and Dream'. Akhirnya saya mempunyai 'Mimpi atau Dream', mungkin itulah target/obsesi yang sangat sederhana dari pelatihan di sekolah TDA.

Namun untuk 'melangkah' alias Take Action.........masih kaku dan tertatih-tatih. Alhamdulillah dari sekolah TDA E-makers 2008 itu....saya bertemu dengan teman-teman baru yang penuh semangat untuk wirausaha. Satu yang paling terkesan adalah pertemuan dengan mas Henry Prakoso, itupun ....FUNtuastic........subhanallah....alhamdulillah...allahuakbar...puji syukur kepada Alloh Swt terus kupanjatkan malam itu. Pertemuan dengan mas Henry yang juga 'mahasiswa' dari Sekolah TDA E-makers justru sangat dekat komunikasinya ketika di Musholla Ciputra sehabis sholat maghrib. Beliau menceritakan tentang 'permasalahan'nya dimana dia ada prospek/peluang proyek dengan PERTAMINA......tadinya dia sudah mendapatkan sparing partner namun partnernya membatalkan......Usut punya usut....tema peluang proyek ini sangat erat dengan bidang saya yaitu Chemical Engineering khususnya......Water Treatment.

Dengan membaca 'basmallah' akhirnya kami berdua niat untuk bersinergi dalam menangkap prospek/peluang proyek ini. Niatan awal saya.....adalah membantu mas Henry yang sedang menghadapi kesulitan karena ditinggal partnernya. Saya tidak berpikir untuk untung besar.....sampai mas Henry nanyakan ke saya berapa kira-kira Jasa Basic Design Engineering untuk proyek tersebut. Dan saya belum bisa menjawabnya....sampai akhirnya mas Henry yang menawarkan sejumlah nominal. Belum bisa menjawab ini karena saya tidak yakin sanggup atau tidaknya untuk mengerjakan proyek ini sementara saya juga masih jadi karyawan. Belum lagi temanya juga cukup baru buat saya.......karena yang biasa saya tangani ya pengolahan limbah dan kalopun pemisahan minyak......tentunya minyak ceceran dalam pabrik yang harus dipisahkan dari sang empunya limbah cair biar limbah cair mudah untuk ditreatment.
Namun untuk masalah pemisahan minyak crude oil yang dipisahkan dari air itu merupakan hal baru bagi saya. Dan saya katakan apa adanya ke mas Henry......kalo itu baru....saya mungkin bisa menganalogikan dengan pengalaman saya.....namun tetap karena itu hal baru....saya butuh waktu belajar tema itu untuk membuat saya yakin dan PEDE. Akhirnya......proyek 'sinergi' pun dimulai. Dan bulan Februari 2009 kemarin, proyek ini telah diselesaikan dengan baik dengan diterimanya pertanggungjawaban kami akan basic design dan detail engineering design.

Ternyata tulisan ini merupakan sejengkal cerita lama yang sempat saya tulis namun belum saya publikasikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi Perusahaan Yang Barokah dan Rizki Melimpah Halalan Thoyiban (Bagian Kedua)

Alhamdulillah di terminal waktu 36 tahun (8.11.77 ~ 8.11.13). Luruskan Niat Sempurnakan Ikhtiar