Mensyukuri Nikmat Alloh

Alhamdulillah tepat hari ini sisa umurku di dunia ini berkurang satu tahun. Terima kasih ya Alloh atas waktu yang telah Engkau berikan kepada saya hingga pagi ini.
Begitu banyak peristiwa yang terjadi di tahun 2011 ini, dari setiap peristiwa yang terjadi alhamdulillah ada hikmah yang dapat saya pelajari. Ada suka dan juga ada duka, sebagaimana sunatullah-Nya bahwa segala sesuatu yang berlaku kepada kita senantiasa dalam keseimbangan dan atas kehendak-Nya.


Mengawali tahun 2011 ini dengan menerima penghargaan Rekor MURI 2011 dibidang Ilmu Pengetahuan Teknologi, khususnya pengembangan Ultrasonic Biodiesel. Alhamdulillah. Sebuah penghargaan yang cukup populer di Indonesia karena kita tercatat sebagai yang pertama dalam bidang tersebut (yang direkorkan).

Di tahun ini pula PT Aozora Agung Perkasa (brand AOZORA), perusahaan yang saya dirikan bersama dua partner saya (mas Henri dan mas Narso), memasuki usia tahun ke-2. Dua tahun bagi sebuah usaha/perusahaan merupakan usia yang terbilang masih 'bayi' seperti halnya usia kita manusia. Terlalu cepat dan dini untuk menilai sebuah usaha dikatakan 'sukses', mungkin lebih tepat penggambaran terhadap AOZORA sebagai perusahaan yang sedang tumbuh kembang (growth) menuju ke tangga pertumbuhan berikutnya.

Seperti halnya Zayyaan anak saya yang kedua, dia pun telah berusia 2 tahun, masa dimana seorang anak sedang lucu-lucunya dan begitu menggemaskan tingkah lakunya, suka menirukan aktivitas ayah atau kakaknya, masih suka kejedot kepalanya dan sedang senang berlarian didalam rumah serta terkadang jatuh karena masih belum dapat mengendalikan tubuhnya secara seimbang ketika berhenti setelah berlari.
Usia 2 tahun merupakan usia 'emas' dimana perlu banyak contoh dan ajaran yang baik terhadap sang anak agar termomeri dengan baik didalam otaknya sehingga menjadi karakter yang baik pula buat sang anak untuk kedepannya.

PT Aozora Agung Perkasa terlahir dengan rencana dan desain untuk menjadi salah satu perusahaan besar di bidang Pengembangan "Green Water" atau Teknologi Pengolahan Air Bersih dan Air Limbah dengan Konsep Hijau/Ramah Lingkungan di Indonesia kedepannya, alhamdulillah di tahun kedua ini, dasar-dasar sebagai usaha besar sudah kami letakkan didalam visi dan misi perusahaan dan di tahun ini, kami telah tersertifikasi sistem manajemen mutu Internasional ISO 9001:2008, dengan segala kekurangan dan kekuatan yang ada kami berusaha keras untuk membakukan sistem manajemen perusahaan. Menanamkan cara berpikir, cara pandang dan cara kerja kedalam tim kerja merupakan seni dari sebuah kepemimpinan. Tidak mudah namun juga tidak terlalu sukar, dibutuhkan kesabaran dan sikap mental positif didalam mengayomi tim kerja, melayani klien dan menghadapi pesaing usaha. Apabila kita ikhlas dan relax menjalankan semuanya serta berpegang dan berharap hanya kepada Alloh Swt, insya Alloh segalanya akan terasa mudah dan lapang. Dengan dibangunnya sistem manajemen perusahaan bukan berarti kita menjadi kaku dengan kebakuan yang ada, jsutru dengan sistem tersebut, kita menghendaki perubahan ke arah tangga pertumbuhan positif dari waktu ke waktu tanpa melupakan fundamental visi dan misi kita. Grand desain sebuah usaha sebaiknya dikonsep dan diletakkan diawal perjalanan usaha, hal ini saya pelajari dari tokoh pengusaha-pengusaha di Indonesia dan didunia khususnya saya temukan itu dari buku kisah perjalanan hidup Steve Jobs, pendiri Apple. Secara mendasar adalah tidak ada kesuksesan yang kebetulan, kesuksesan lebih banyak tumbuh karena direncanakan. Kesuksesan yang sebenarnya adalah sebuah tangga pertumbuhan untuk selalu mencapai kebaikan dari waktu ke waktu. Kesuksesan atau kejayaan sunatullah-Nya dipergilirkan sebagaimana dalam Surat Ali Imron:140:
".............Dan masa kejayaan dan kehancuran itu Kami pergilirkan diantara manusia agar mereka mendapat pelajaran; ..........."
Semoga kita semua dapat selalu istiqomah didalam kebaikan dan bersabar dalam menaiki tangga pertumbuhan.


Di tahun ini, saya diterima masuk program Doktor Universitas Indonesia jurusan Teknik Kimia, keinginan saya untuk sekolah S3 ini sudah saya rencanakan ketika saya sekolah dasar (SD) dahulu dan dari waktu ke waktu lebih dimatangkan. Ketika saya berkiprah didunia usaha dan berwirausaha keinginan untuk melanjutkan program Doktor pun tidak hilang sama sekali bahkan semakin kuat dan mantap untuk menempuhnya. Alhamdulillah tahun ini diberi kesempatan untuk mengikuti ujian masuk program Doktor dan dinyatakan diterima, sekarang ini diperlukan amunisi mental dan semangat yang kuat agar tetap istiqomah dan bersabar menyelesaikannya. Keinginan ini terkuatkan karena ingin sekali rasanya bisa mengkombinasikan antara Scientific dan Business. Banyak orang yang berpendapat untuk berwirausaha ataupun berbisnis tidak perlu sekolah, mungkin hal itu memang benar, namun saya memiliki cara pandang berbeda mengenai Scientific dan Business itu sendiri. Jepang, India, China dan Korea bisa sedemikian pesat kemajuannya karena generasi muda diperiode 30 tahun yang lalu dipacu untuk belajar keilmuan (Scientific) dan Business hingga ke Jerman dan Amerika Serikat untuk kemudian dikembangkan dan diterapkan konsep dasar berpikir dan keilmuannya di negara masing-masing. Dan tiap-tiap negara tersebut memiliki karakter kekhasannya contohnya Jepang populer sebagai negara teknologi tinggi di Asia dan juga Industri Otomotif terbesar di dunia, India populer sebagai negara yang penduduknya berkiprah di bidang IT.

Dipertengahan tahun 2011 ini beberapa hari menjelang bulan Romadhon, kami sekeluarga kehilangan om kami, bapak Syahramlan (Om Len), seorang bapak yang kami tauladani dari sikap dan kegigihannya dalam membina keluarga dan mendidik ketiga putrinya yang insya Alloh solehah dan kedua diantaranya telah dipasangkan dengan suami yang soleh pula. Subhanalloh. Kesederhanaannya dan sifat kebapakannya menjadikan beliau menjadi perekat bagi semua keluarga besar Minang dan Jawa.

Dipenghujung bulan Romadhon tahun ini disepuluh hari terakhir, alhamdulillah, saya bisa melaksanakan i'tikaf di masjid JonggolFarm dan dipertemukan dengan bapak Muhaimin Iqbal. Dia adalah salah satu tokoh yang patut kita tauladani sifat zuhudnya dan inovasi cara berpikir dan cara pandangnya yang telah memberikan manfaat begitu besar dengan @GeraiDinar -nya dan program i'tikaf Romadhon-nya "konsep kemakmuran berbasis Alquran".

Alhamdulillah saya merasakan pelajaran yang begitu berharga dari waktu ke waktu dari orang-orang yang saya temui secara langsung ataupun lewat bukunya. Tentu saja semua yang saya miliki saat ini adalah karunia dan nikmat Alloh dan pendidikan yang saya lalui adalah karena hasil pendidikan dasar yang ditanamkan oleh bapak dan ibu saya. Pagi ini ketika saya terbangun dipenghujung malam dan berwudlu serta bertahajud kepada-Nya, saya rasakan bahwa apa yang saya berikan manfaat ke orang-orang yang saya cintai, bapak dan ibu saya, kedua mertua saya, istri dan kedua anak saya masihlah sangat jauh dari kesempurnaan bahkan sangatlah kurang dibandingkan dengan yang selalu saya terima dari Alloh Swt. Sehingga sudah seharusnya saya tingkatkan kemanfaatan yang dapat saya berikan ke orang-orang disekitar saya dan orang-orang yang membutuhkannya.

Melalui tulisan ini saya membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapa saja yang ingin memberikan masukan, ingin sharing dan berbagi ilmu serta belajar bersama ataupun mengajak saya untuk berbagi manfaat baik dari sisi scientific dan ataupun bisnis/usaha silakan hubungi saya di a.hendarsa@gmail.com ataupun twitter @agunghendarsa.

Syukur Alhamdulilah atas nikmat Alloh serta shalawat dan salam kepada Suri Tauladan kita dan Junjungan kita Rosullullah SAW semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti.
Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada orang-orang yang telah mengajari saya dari waktu ke waktu, khususnya kedua orang tua saya, istri saya, mertua saya dan kedua anak saya. 

Apa yang kami raih mungkin belum menjadi 'apa-apa' namun kami yakin insya Alloh kami akan berbuat 'apa-apa' karena kami hanyalah orang yang berusaha menaiki tangga pertumbuhan dari waktu ke waktu untuk meraih kesuksesan yang sesungguhnya yaitu diwafatkan oleh Alloh Swt dalam keadaan khusnul khotimah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Terasa Sudah 3 Tahun Blog Ini Tak Kukunjungi

Alhamdulillah di terminal waktu 36 tahun (8.11.77 ~ 8.11.13). Luruskan Niat Sempurnakan Ikhtiar