Perkuliahan Yang Menarik

Sekitar satu jam yang lalu baru saja usai kuliah Metodologi Penelitian. Tidak seperti biasanya kuliah kali ini, betul2 'out of the box'. Diawali dengan mendengarkan musik Pop Indonesia dan Barat, dilanjutkan dengan cerita pengalaman nara sumber selama di Paris, dan kisah Laskar Pelangi pun menjadi materi kuliahnya.

Tidak jarang peserta kuliah berbisik satu sama lain, 'kuliah motivasi' kata salah satu peserta. Saya tetap asyik menyimak sang nara sumber, karena kali ini 'menu'nya luar biasa. Sesekali pemateri berbicara dalam bahasa Perancis dan juga Inggris, dan ditimpali oleh salah peserta. Perkuliahan yang diluar kebiasaan, dan mungkin sulit diterima oleh orang dominan ber-otak kiri, lain halnya untuk orang yang dominan ber-otak kanan yang mungkin akan memberikan apresiasi yang berbeda.

Kemudian pemateri menerangkan profil dirinya, beliau adalah salah satu Guru Besar UI, Prof. Raldi Artono Koestoer, dia juga memiliki aktivitas non akademis sebagai seorang Technopreneur sebagai Presiden Komisaris PT Sekawan Utama Internasional (holding) dengan 4 buah anak perusahaan. Dia cukup dikenal sebagai Profesor Fluite/Band, so dia seorang musisi. Luar biasa, Prof Raldi telah sukses mengkombinasikan dominasi otak kiri, dimana dia sukses sebagai Profesor akademisi, dan dominasi otak kanan, dimana dia seorang Technopreneur.
Yang lebih menarik lagi dari dia adalah masih sempat untuk membuat dan menulis di blog, ini blog Prof Raldi http://koestoer.blogspot.com dan http://koestoer.wordpress.com

Singkat kata, perkuliahan Metodologi Penelitian hari ini lain dari pada yang lain, memang lebih cocok disebut kuliah motivasi agar peserta kuliah memiliki bisnis dan menjadi Technopreneur. Mantap.

Disesi akhir kuliah, saya sempatkan bertanya dan berdiskusi dengan beliau, kebetulan saya juga seorang Technopreneur dibidang Integrasi Teknologi Pemurnian Air dan Pengolahan Limbah Cair berbasis Green Water Technology. Beliau seorang Technopreneur dibidang Green Vehicle Manufacturing, Mineral Processing dan Medical Equipment. Selesai kuliah hari ini, saya salaman dg beliau dan bertukar kartu nama. Wah sepertinya kuliah S3 di tengah semester pertama bagian kedua ini akan menarik dan akan diajak berselancar 'out of the box' oleh Professor Technopreneur Raldi Artono Koestoer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Terasa Sudah 3 Tahun Blog Ini Tak Kukunjungi

Alhamdulillah di terminal waktu 36 tahun (8.11.77 ~ 8.11.13). Luruskan Niat Sempurnakan Ikhtiar